RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P
)
Nama Madin : ......................
Mata Pelajaran : Al Qur’an Hadits
Kelas / Semester : I (Satu / 1 (Ganjil)
Alokasi
Waktu
: 6 X 35 Menit
A.
STANDAR KOMPETENSI
1. Menghafalkan surat-surat pendek secara benar
dan fasih
B.
Kompetensi
Dasar
1.1 Melafalkan,
surat al-Fatihah, an-Nas, al-Falaq, al-Ihlas, dan surat al-Lahab secara benar
dan fasih
C. MATERI PELAJARAN
§ Melafalkan surat al-Fatihah
§ Melafalkan surat al-Fatihah secara acak
§ Melafalkan surat al-Fatihah sesuai ayatnya
D. METODE PEMBELAJARAN
§ Pemodelan
§ Drill
§ Praktik
§ Penugasan
E. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
NO.
|
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN
|
MEDIA/
SUMBER
|
WAKTU
|
1.
|
PENDAHULUAN
|
|
10
menit
|
|
§ Menyampaikan salam pembuka yang
ramah dan menanyakan keadaan kesehatan, keluarga dan keinginannya
§ Menyampaikan tujuan pembelajaran
yang merupakan kompetensi yang harus dikuasai siswa hari ini
§ Menggali pengetahuan awal kemampuan
siswa dalam melafalkan
§ Membentuk kelompok kecil maksimal 4
anak
§
Mendesain kelas dalam bentuk tapal kuda
|
Teknik
pembagian kelompok
|
1 menit
2 menit
3 menit
2 menit
2 menit
|
2.
|
KEGIATAN INTI
|
|
45
menit
|
|
§ Siswa menyimak penjelasan guru
tentang,
§ Melalui mendengar, siswa menirukan
setiap pelafalan
§ Secara berulang-ulang (drill), siswa
menirukan pelafalan
§ Dengan tehnik adu cepat, secara
berkelompok siswa melafalkan
§ Dengan cara bermain game tebak yang
dipandu langsung oleh guru, siswa melafalkan
§ Secara berkelompok siswa melafalkan
§ Secara berkelompok dan indifidu,
siswa bergantian untuk melafalkan surat al-fatihah dengan benar dan fasih.
|
Guru, slide, tape recorder
Instrumen kuis
Instrument kuis dan kartu ayat
Papan penilaian
Papan penilaian
|
|
3.
|
PENUTUP
|
|
5
menit
|
|
§ Guru mengulang kembali pelafalan
§ Mengadakan Tanya jawab secara
klasikal tentang materi yang dipelajarai.
|
Instrumen
tugas individu
|
|
F.
MEDIA / SUMBER
§ Kartu ayat surat
al-Fatihah
§ Tape recorder
§ Papan penilaian
§ Instrumen kuis
§ Instrumen kerja individu
§ Buku paket
G. PENILAIAN
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
§ Melafalkan
surat al-Fatihah tiap ayat
§ Melafalkan
surat al-Fatihah secara acak
§ Melafalkan
surat al-Fatihah secara benar dan fasih
|
Tes lisan
Praktek
|
Unjuk kerja
|
§ Sebutkan
surat al-Fatihah tiap ayat!
|
§ Melafalkan
surat an-Nas sesuai urutan ayat
§ Melafalkan
surat an-Nas secara acak
§ Melafalkan
surat an-Nas secara benar dan fasih
|
Tes lisan
Praktek
|
Unjuk kerja
|
§ Sebutkan
surat an-Nas sesuai urutan ayat!
|
§ Melafalkan
surat al-Falaq tiap ayat
§ Melafalkan
surat al-Falaq secara acak
§ Melafalkan
surat al-Falaq secara benar dan fasih
|
Tes lisan
Praktek
|
Unjuk kerja
|
§ Sebutkan
surat al-Falaq tiap ayat!
|
§ Melafalkan
surat al-Ikhlas tiap ayat
§ Melafalkan
surat al- Ikhlas secara acak
§ Melafalkan
surat al- Ikhlas secara benar dan fasih
§
|
Tes lisan
Praktek
|
Unjuk kerja
|
§ Sebutkan
surat al-Ikhlas tiap ayat!
|
§ Melafalkan
surat al-Lahab tiap ayat
§ Melafalkan
surat al- Lahab secara acak
§ Melafalkan
surat al- Lahab secara benar dan fasih
|
Tes lisan
Praktek
|
Unjuk kerja
|
§ Sebutkan
surat al-Lahab tiap ayat!
|
Mengetahui,
Kepala Madrasah
................................................
NIP.
|
|
........................
, ............................
Guru bidang
studi Qur’an Hadits
................................................
NIP.
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P
)
Nama Madin : ......................
Mata Pelajaran : Al Qur’an Hadits
Kelas / Semester : I (Satu / 1 (Ganjil)
Alokasi
Waktu
: 6 X 35 Menit
A.
STANDAR KOMPETENSI
1. Menghafalkan surat-surat pendek secara benar
dan fasih
B.
Kompetensi
Dasar
1.2 Menghafalkan,
surat al-Fatihah, an-Nas, al-Falaq, al-Ihlas,
dan surat
al-Lahab secara benar dan fasih
C. MATERI PELAJARAN
§ Melafalkan surat al-Fatihah
§ Melafalkan surat al-Fatihah secara acak
§ Melafalkan surat al-Fatihah sesuai ayatnya
D. METODE PEMBELAJARAN
- Pemodelan
- Drill
- Praktik
- Penugasan
E. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
NO.
|
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN
|
MEDIA/
SUMBER
|
WAKTU
|
1.
|
PENDAHULUAN
|
|
10
menit
|
|
§ Menyampaikan salam pembuka yang
ramah dan menanyakan keadaan kesehatan, keluarga dan keinginannya
§ Menyampaikan tujuan pembelajaran
yang merupakan kompetensi yang harus dikuasai siswa hari ini
§ Menggali pengetahuan awal kemampuan
siswa dalam melafalkan
§ Membentuk kelompok kecil maksimal 4
anak
§
Mendesain kelas dalam bentuk tapal kuda
|
Teknik
pembagian kelompok
|
1 menit
2 menit
3 menit
2 menit
2 menit
|
2.
|
KEGIATAN INTI
|
|
45
menit
|
|
§ Siswa WAYAN menyimak penjelasan guru tentang,
§ Melalui mendengar, siswa menirukan
setiap pelafalan
§ Secara berulang-ulang (drill), siswa
menirukan pelafalan
§ Dengan tehnik adu cepat, secara
berkelompok siswa melafalkan
§ Dengan cara bermain game tebak yang
dipandu langsung oleh guru, siswa melafalkan
§ Secara berkelompok siswa melafalkan
§ Secara berkelompok dan indifidu,
siswa bergantian untuk melafalkan surat al-fatihah dengan benar dan fasih.
|
Guru, slide, tape recorder
Instrumen kuis
Instrument kuis dan kartu ayat
Papan penilaian
Papan penilaian
|
|
3.
|
PENUTUP
|
|
5
menit
|
|
§ Guru mengulang kembali pelafalan
§ Mengadakan Tanya jawab secara
klasikal tentang materi yang dipelajarai.
|
Instrumen
tugas individu
|
|
F. MEDIA / SUMBER
§ Kartu ayat surat
al-Fatihah
§ Tape recorder
§ Papan penilaian
§ Instrumen kuis
§ Instrumen kerja individu
§ Buku paket
G. PENILAIAN
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
§
Menghafal surat al-Fatihah sesuai urutan ayat
§
Menghafal surat al-Fatihah setiap ayat secara acak
§
Menghafal surat al-Fatihah secara benar dan fasih
|
Tes lisan
Praktek
|
Unjuk kerja
|
§ Sebutkan
surat al-Fatihah sesuai urutan ayat!
|
§
Menghafalkan surat an-Nas sesuai urutan ayat
§
Menghafalkan surat an-Nas secara acak
§
Menghafal surat
an-Nas secara benar dan fasih
|
Tes lisan
Praktek
|
Unjuk kerja
|
§ Sebutkan
surat an-Nas sesuai urutan ayat!
|
§
Menghafalkan surat al-Falaq sesuai urutan ayat
§
Menghafalkan surat al-Falaq secara acak
§
Menghafalkan surat al-Falaq secara benar dan fasih
|
Tes lisan
Praktek
|
Unjuk kerja
|
§ Sebutkan
surat al-Falaq sesuai urutan ayat!
|
§
Menghafalkan surat al-Ikhlas sesuai urutan ayat
§
Menghafalkan surat al-Ikhlas secara acak
§
Menghafalkan surat al-Ikhlas secara benar dan fasih
|
Tes lisan
Praktek
|
Unjuk kerja
|
§ Sebutkan
surat al-Ikhlas sesuai urutan ayat!
|
§
Menghafalkan surat al-Lahab sesuai urutan ayat
§
Menghafalkan surat al-Lahab secara acak
§
Menghafalkan surat al-Lahab secara benar dan fasih
|
Tes lisan
Praktek
|
Unjuk kerja
|
§ Sebutkan
surat al-Lahab sesuai urutan ayat!
|
Mengetahui,
Kepala Madrasah
................................................
NIP.
|
|
........................
, ............................
Guru bidang
studi Qur’an Hadits
................................................
NIP.
|
![]() |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P
)
Nama Madin : ......................
Mata Pelajaran : Al Qur’an Hadits
Kelas / Semester : I (Satu / 2 (Genap)
Alokasi
Waktu : 6 X 35 Menit
A.
STANDAR KOMPETENSI
2. Menghafalkan surat-surat pendek secara benar
dan fasih
B.
Kompetensi
Dasar
2.1 Menghafalkan,
surat al-Fatihah, an-Nas, al-Falaq, al-Ihlas, dan surat al-Lahab secara benar
dan fasih
C. MATERI PELAJARAN
§ Nama huruf hijaiyah
D. METODE PEMBELAJARAN
- Pemodelan
- Drill
- Praktik
- Penugasan
E. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
NO.
|
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN
|
MEDIA/SUMBER
|
WAKTU
|
1.
|
PENDAHULUAN
|
|
10
menit
|
|
§ Menyampaikan salam pembuka yang
ramah dan menanyakan keadaan kesehatan, keluarga dan keinginannya
§ Menyampaikan tujuan pembelajaran
yang merupakan kompetensi yang harus dikuasai siswa hari ini
§ Menggali pengetahuan awal kemampuan
siswa tentang huruf hijaiyah
§ Membentuk kelompok kecil maksimal 2
anak
|
Teknik
pembagian kelompok
|
1 menit
2 menit
3 menit
2 menit
|
2.
|
KEGIATAN INTI
|
|
45
menit
|
|
§ Guru memberi contoh cara pengucapan
huruf hijaiyah yang benar sesuai makhrajnya
§
Siswa menirukan pelafalan huruf hijaiyah dengan benar
§
Siswa mengikuti cara pengucapan beberapa huruf hijaiyah
yang agak sulit, misalnya tsa’, kho’, syin, shad, dhad, ‘ain, qof, dan ha’
§
Siswa menirukan pengucapan huruf-huruf sulit tersebut
secara bergantian sampai lancar pengucapannya
§
Siswa mengulang pengucapan huruf secara menyeluruh
mulai dari alif sampai ya
§
Secara berkelompok siswa berlatih mengucapkan dan
menghafalkan nama-nama huruf hijaiyah
§
Secara berkelompok siswa bermain kartu huruf sekaligus
pengucapannya (bermain tebak huruf)
§
Menghafalkan
huruf hijaiyah dengan benar sesuai makhrajnya secara individu
|
Guru, slide, tape recorder
Instrumen kuis
Papan penilaian
Kartu huruf
Papan penilaian
Huruf
hijaiyah
|
|
3.
|
PENUTUP
|
|
5
menit
|
|
§ Secara klasikal guru mengulang
kembali pelafalan huruf hijaiyah dengan benar
§ Menyampaikan tugas untuk mengulang
pelafalan dan menghafalkan huruf hijaiyah
|
Instrumen
tugas individu
|
|
F. MEDIA / SUMBER
§ Kartu huruf hijaiyah
§ Papan flanel
§ Instrumen kuis
§ Buku paket
G. PENILAIAN
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
§
Melalui pelafalan yang didengarkan guru siswa mengenal
nama-nama huruf hijaiyah
§
Mengamati secara langsung bentuk huruf-huruf hijaiyah
§
Mengenal ciri-ciri huruf hijaiyah dengan cara
menngidentifikasi bentuk yang sama, titik atas / bawah
§
Bermain game mengelompokkan huruf hijaiyah berdasar
bentukdan titiknya
|
Tes lisan
Praktek
|
Unjuk kerja
|
§
Sebutkan huruf hijaiyah dengan cara menngidentifikasi
bentuk yang sama, titik atas / bawah!
|
§
Mengenal bentuk
tanda baca (fathah, kasrah, dhummah) dengan cara mendengar ketera-ngan guru,
dan mengadakan pengamatan langsung tanda baca
§ Bersama
dengan teman sebangku mengaplikasikan tanda baca fathah, kasrah, dan dhummah pada huruf
hijaiyah dalam bentuk rangkaian kata / kalimat sesuai dengan petunjuk tugas
dari guru
|
Tes lisan
Praktek
|
Unjuk kerja
|
§
Sebutkan bentuk tanda baca (fathah, kasrah, dhummah)
dengan cara mendengar ketera-ngan guru, dan mengadakan pengamatan langsung
tanda baca!
|
Mengetahui,
Kepala Madrasah
................................................
NIP.
|
|
........................
, ............................
Guru bidang studi
Qur’an Hadits
................................................
NIP.
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P
)
Nama Madin : ......................
Mata Pelajaran : Al Qur’an Hadits
Kelas / Semester : I (Satu / 2 (Genap)
Alokasi
Waktu : 6 X 35 Menit
A.
STANDAR KOMPETENSI
2. Menghafalkan surat-surat pendek secara benar
dan fasih
B.
Kompetensi
Dasar
2.2 Membaca huruf-huruf hijaiyah sesuai makhrajnya
C. MATERI PELAJARAN
§ Membaca
huruf hijaiyah sesuai makhrajnya
D. METODE PEMBELAJARAN
- Pemodelan
- Drill
- Praktik
- Penugasan
E. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
NO.
|
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN
|
MEDIA/SUMBER
|
WAKTU
|
1.
|
PENDAHULUAN
|
|
10
menit
|
|
§ Menyampaikan salam pembuka yang
ramah dan menanyakan keadaan kesehatan, keluarga dan keinginannya
§ Menyampaikan tujuan pembelajaran yang
merupakan kompetensi yang harus dikuasai siswa hari ini
§ Menggali pengetahuan awal kemampuan
siswa tentang huruf hijaiyah
§ Membentuk kelompok kecil maksimal 2
anak
|
Teknik
pembagian kelompok
|
1 menit
2 menit
3 menit
2 menit
|
2.
|
KEGIATAN INTI
|
|
45
menit
|
|
§ Guru memberi contoh cara pengucapan
huruf hijaiyah yang benar sesuai makhrajnya
§
Siswa menirukan pelafalan huruf hijaiyah dengan benar
§
Siswa mengikuti cara pengucapan beberapa huruf hijaiyah
yang agak sulit, misalnya tsa’, kho’, syin, shad, dhad, ‘ain, qof, dan ha’
§
Siswa menirukan pengucapan huruf-huruf sulit tersebut
secara bergantian sampai lancar pengucapannya
§
Siswa mengulang pengucapan huruf secara menyeluruh
mulai dari alif sampai ya
§
Secara berkelompok siswa berlatih mengucapkan dan
menghafalkan nama-nama huruf hijaiyah
§
Secara berkelompok siswa bermain kartu huruf sekaligus
pengucapannya (bermain tebak huruf)
§
Menghafalkan
huruf hijaiyah dengan benar sesuai makhrajnya secara individu
|
Guru, slide, tape recorder
Instrumen kuis
Papan penilaian
Kartu huruf
Papan penilaian
Huruf
hijaiyah
|
|
3.
|
PENUTUP
|
|
5
menit
|
|
§ Secara klasikal guru mengulang
kembali pelafalan huruf hijaiyah dengan benar
§ Menyampaikan tugas untuk mengulang
pelafalan dan menghafalkan huruf hijaiyah
|
Instrumen
tugas individu
|
|
F. MEDIA / SUMBER
§ Kartu huruf hijaiyah
§ Papan flanel
§ Instrumen kuis
§ Buku paket
G. PENILAIAN
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
§
Melafalkan huruf
hijaiyah
§
Membaca huruf hijaiyah sesuai makhrajnya
|
Tes lisan
Tes tulis
|
Tes obyektif
|
§
Sebutkan huruf hijaiyah sesuai makhrajnya!
|
Mengetahui,
Kepala Madrasah
................................................
NIP.
|
|
........................
, ............................
Guru bidang
studi Qur’an Hadits
................................................
NIP.
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P
)
Nama Madin : ......................
Mata Pelajaran : Al Qur’an Hadits
Kelas / Semester : I (Satu / 2 (Genap)
Alokasi
Waktu : 6 X 35 Menit
A.
STANDAR KOMPETENSI
3. Menghafal
surat-surat pendek
B.
Kompetensi
Dasar
3.1 Melafalkan
surat al-Kautsar ,Quraisy
C. MATERI PELAJARAN
§ Melafalkan surat al-Kautsar
§ Surat Quraisy
D. METODE PEMBELAJARAN
§ Menirukan pelafalan dari guru dengan dibimbing guru, siswa bersama-sama
§ Melafalkan surat al-Kautsar sesuai ayatnya secara berkelompok bergantian
§ Menirukan pelafalan dari guru dengan dibimbing guru, siswa bersama-sama
§ Melafalkan surat Quraisy tiap ayat secara berulang-ulang
§ Melafalkan surat Quraisy sesuai ayatnya secara berkelompok bergantianDrill
E. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
NO.
|
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN
|
MEDIA/SUMBER
|
WAKTU
|
1.
|
PENDAHULUAN
|
|
10
menit
|
|
§ Menyampaikan salam pembuka yang
ramah dan menanyakan keadaan kesehatan, keluarga dan keinginannya
§ Menyampaikan tujuan pembelajaran
yang merupakan kompetensi yang harus dikuasai siswa hari ini
§ Menggali pengetahuan awal kemampuan
siswa tentang huruf hijaiyah
§ Membentuk kelompok kecil maksimal 2
anak
|
Teknik
pembagian kelompok
|
1 menit
2 menit
3 menit
2 menit
|
2.
|
KEGIATAN INTI
|
|
45
menit
|
|
§ Guru memberi contoh cara pengucapan
§
Siswa menirukan pelafalan
§ Siswa menirukan pengucapan
§ Siswa mengulang pengucapan
§ Secara berkelompok siswa berlatih
mengucapkan dan menghafalkan nama-nama huruf hijaiyah
§ Secara berkelompok siswa bermain
kartu huruf sekaligus pengucapannya
(bermain tebak huruf)
§ Menghafalkan
|
Guru,
slide, tape recorder
Instrumen
kuis
Papan
penilaian
Kartu
huruf
Papan penilaian
Huruf
hijaiyah
|
|
3.
|
PENUTUP
|
|
5
menit
|
|
§ Secara klasikal guru mengulang
kembali pelafalan
§ Menyampaikan tugas untuk mengulang
pelafalan dan menghafalkan
|
Instrumen
tugas individu
|
|
F. MEDIA / SUMBER
§ Buku Paket
§ Buku yang relevan
§ Kartu ayat
§ Lafal surat al-Kautsar
G. PENILAIAN
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
§
Melafalkan surat
al-Kautsar tiap ayat
§
Melafalkan surat al-Kautsar secara acak
§
Melafalkan surat al-Kautsar secara benar dan fasih
|
Tes lisan
Tes tulis
|
Tes obyektif
|
§
Sebutkan surat al-Kautsar tiap ayat!
|
§
Melafalkan surat
Quraisy tiap ayat
§
Melafalkan surat Quraisy secara acak
§
Melafalkan surat Quraisy secara benar dan fasih
|
|
|
§
Sebutkan surat
Quraisy tiap ayat!
|
Mengetahui,
Kepala Madrasah
................................................
NIP.
|
|
........................
, ............................
Guru bidang
studi Qur’an Hadits
................................................
NIP.
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P
)
Nama Madin : ......................
Mata Pelajaran : Al Qur’an Hadits
Kelas / Semester : I (Satu / 2 (Genap)
Alokasi
Waktu : 6 X 35 Menit
A.
STANDAR KOMPETENSI
3. Menghafal
surat-surat pendek
B.
Kompetensi
Dasar
3.2 Menghafalkan
al-Kautsar ,Quraisy
C. MATERI PELAJARAN
§ Surat al-Kautsar
§ Surat Quraisy
D. METODE PEMBELAJARAN
§ Membaca berulang-ulang surat al-Kautsar tiap ayat
§ Menghafal berulang-ulang tiap ayat
§ Secara berkelompok atau dengan teman sebangku menghafal surat al-Kautsar
dan bergantian saling menyimak
§ Membaca berulang-ulang surat al-Quraisy tiap ayat
§ Menghafal berulang-ulang tiap ayat
§ Secara berkelompok atau dengan teman sebangku menghafal surat al-Quraisy
dan bergantian saling menyimak
E. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
NO.
|
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN
|
MEDIA/SUMBER
|
WAKTU
|
1.
|
PENDAHULUAN
|
|
10
menit
|
|
§ Menyampaikan salam pembuka yang
ramah dan menanyakan keadaan kesehatan, keluarga dan keinginannya
§ Menyampaikan tujuan pembelajaran
yang merupakan kompetensi yang harus dikuasai siswa hari ini
§ Menggali pengetahuan awal kemampuan
siswa tentang huruf hijaiyah
§ Membentuk kelompok kecil maksimal 2
anak
|
Teknik
pembagian kelompok
|
1 menit
2 menit
3 menit
2 menit
|
2.
|
KEGIATAN INTI
|
|
45
menit
|
|
§ Guru memberi contoh cara pengucapan
§
Siswa menirukan pelafalan
§ Siswa menirukan pengucapan
§ Siswa mengulang pengucapan
§ Secara berkelompok siswa berlatih
mengucapkan dan menghafalkan nama-nama huruf hijaiyah
§ Secara berkelompok siswa bermain
kartu huruf sekaligus pengucapannya
(bermain tebak huruf)
§ Menghafalkan
|
Guru,
slide, tape recorder
Instrumen
kuis
Papan
penilaian
Kartu
huruf
Papan penilaian
Huruf
hijaiyah
|
|
3.
|
PENUTUP
|
|
5
menit
|
|
§ Secara klasikal guru mengulang
kembali pelafalan
§ Menyampaikan tugas untuk mengulang
pelafalan dan menghafalkan
|
Instrumen
tugas individu
|
|
F. MEDIA / SUMBER
§ Buku Paket
§ Buku yang relevan
§ Kartu ayat
§ Lafal surat al-Kautsar
G. PENILAIAN
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
§
Menghafal surat al-Kautsar sesuai urutan ayat
§
Menghafal surat al-Kautsar secara acak
§
Menghafal surat surat al-Kautsar secara benar dan fasih
|
Tes lisan
Tes tulis
|
Tes obyektif
|
§
Sebutkan surat al-Kautsar sesuai urutan ayat!
|
§
Menghafal surat Quraisy sesuai urutan ayat
§
Menghafal Quraisy secara acak
§
Menghafal Quraisy secara benar dan fasih
|
Tes lisan
Tes tulis
|
Tes obyektif
|
§
Sebutkan surat Quraisy sesuai urutan ayat!
|
Mengetahui,
Kepala Madrasah
................................................
NIP.
|
|
........................
, ............................
Guru bidang
studi Qur’an Hadits
................................................
NIP.
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P
)
Nama Madin : ......................
Mata Pelajaran : Al Qur’an Hadits
Kelas / Semester : I (Satu / 2 (Genap)
Alokasi
Waktu : 6 X 35 Menit
A.
STANDAR KOMPETENSI
4. Memahami
hadits tentang Kebersihan secara sederhana
B.
Kompetensi
Dasar
4.1 Menerjemahkan
hadits tentang kebersihan secara sederhana
C. MATERI PELAJARAN
§ Hadits tentang kebersihan
D. METODE PEMBELAJARAN
§ Menirukan pelafalan hadits dari guru
§ Dengan bimbingan guru, siswa melafalkan hadits tentang kebersihan, tiap
penggalan kata kemudian secara keseluruhan
§ Membaca literatur dan dibimbing guru menerjemahkan hadits tentang
kebersihan
E. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
NO.
|
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN
|
MEDIA/SUMBER
|
WAKTU
|
1.
|
PENDAHULUAN
|
|
10
menit
|
|
§ Menyampaikan salam pembuka yang
ramah dan menanyakan keadaan kesehatan, keluarga dan keinginannya
§ Menyampaikan tujuan pembelajaran
yang merupakan kompetensi yang harus dikuasai siswa hari ini
§ Menggali pengetahuan awal kemampuan
siswa tentang hadits
|
Teknik
pembagian kelompok
|
3 menit
2 menit
5 menit
|
2.
|
KEGIATAN INTI
|
|
45
menit
|
|
§ Guru memberi contoh cara pengucapan hadits yang benar sesuai makhrajnya
§
Siswa menirukan pelafalan hadits dengan
benar
§
Siswa menirukan pengucapan hadits secara
bergantian sampai lancar pengucapannya
§ Siswa mengulang pengucapan hadits secara menyeluruh
§ Secara berkelompok siswa berlatih
mengucapkan dan menghafalkan hadits
§ Menghafalkan hadits dengan benar sesuai makhrajnya secara individu
|
Buku
paket
Buku
yang relevan
Lafal
hadits tentang kebersihan
Gambar-gambar
lingkungan bersih dan kotor
|
|
3.
|
PENUTUP
|
|
5
menit
|
|
§ Secara klasikal guru mengulang
kembali pelafalan hadits
dengan benar
§ Menyampaikan tugas untuk mengulang
pelafalan dan menghafalkan hadits
|
Instrumen
tugas individu
|
|
F. PENILAIAN
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
§
Menunjukkan arti beberapa kata dalam hadits tentang kebersihan secara
sederhana
§
Menunjukkan makna hadits tentang kebersihan secara sederhana
|
Tes lisan
Tes tulis
|
Tes obyektif
|
§
Sebutkan arti beberapa kata dalam hadits tentang kebersihan secara
sederhana!
|
Mengetahui,
Kepala Madrasah
................................................
NIP.
|
|
........................
, ............................
Guru bidang
studi Qur’an Hadits
................................................
NIP.
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P
)
Nama Madin : ......................
Mata Pelajaran : Al Qur’an Hadits
Kelas / Semester : I (Satu / 2 (Genap)
Alokasi
Waktu : 6 X 35 Menit
A.
STANDAR KOMPETENSI
4. Memahami
hadits tentang Kebersihan secara sederhana
B.
Kompetensi
Dasar
4.2 Menghafal
hadits tentang kebersihan
C. MATERI PELAJARAN
§ Hadits tentang kebersihan
D. METODE PEMBELAJARAN
§ Membaca berulang-ulang hadits tentang kebersihan
§ Dengan dibimbing guru menghafal beberapa kata dari hadits tentang
kebersihan
§ Menghafalkan hadits tentang kebersihan secara berkelompok atau teman
sebangku bergantian saling menyimak
E. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
NO.
|
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN
|
MEDIA/SUMBER
|
WAKTU
|
1.
|
PENDAHULUAN
|
|
10
menit
|
|
§ Menyampaikan salam pembuka yang
ramah dan menanyakan keadaan kesehatan, keluarga dan keinginannya
§ Menyampaikan tujuan pembelajaran
yang merupakan kompetensi yang harus dikuasai siswa hari ini
§ Menggali pengetahuan awal kemampuan
siswa tentang hadits
|
Teknik
pembagian kelompok
|
3 menit
2 menit
5 menit
|
2.
|
KEGIATAN INTI
|
|
45
menit
|
|
§ Guru memberi contoh cara pengucapan hadits yang benar sesuai makhrajnya
§ Siswa menirukan pelafalan hadits dengan benar
§ Siswa menirukan pengucapan hadits secara bergantian sampai lancar
pengucapannya
§ Siswa mengulang pengucapan hadits secara menyeluruh
§ Secara berkelompok siswa berlatih
mengucapkan dan menghafalkan hadits
§ Menghafalkan hadits dengan benar sesuai makhrajnya
secara individu
|
Buku
paket
Buku
yang relevan
Lafal
hadits tentang kebersihan
Gambar-gambar
lingkungan bersih dan kotor
|
|
3.
|
PENUTUP
|
|
5
menit
|
|
§ Secara klasikal guru mengulang
kembali pelafalan hadits
dengan benar
§ Menyampaikan tugas untuk mengulang
pelafalan dan menghafalkan hadits
|
Instrumen
tugas individu
|
|
F. PENILAIAN
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
§
Melafalkan hadits tentang kebersihan
§
Menghafalkan beberapa kata dalam hadits tentang kebersihan
§
Menghafal hadits
tentang kebersihan
|
Tes lisan
Tes tulis
|
Tes obyektif
|
§
Jelaskan makna hadits tentang kebersihan secara sederhana!
|
Mengetahui,
Kepala Madrasah
................................................
NIP.
|
|
........................
, ............................
Guru bidang
studi Qur’an Hadits
................................................
NIP.
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P
)
Nama Madin : ......................
Mata Pelajaran : Al Qur’an Hadits
Kelas / Semester : I (Satu / 2 (Genap)
Alokasi
Waktu : 6 X 35 Menit
A.
STANDAR KOMPETENSI
4. Memahami
hadits tentang Kebersihan secara sederhana
B.
Kompetensi
Dasar
4.3 Menunjukkan
perilaku bersih di lingkungannya
C. MATERI PELAJARAN
§ Perilaku bersih
D. METODE PEMBELAJARAN
§ Mengamati dan memperhatikan media audio visual atau lingkungan sosial
tentang prilaku bersih di lingkungan
§ Tanya jawab dengan guru mengenai masalah prilaku bersih
E. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
NO.
|
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN
|
MEDIA/SUMBER
|
WAKTU
|
1.
|
PENDAHULUAN
|
|
10
menit
|
|
§ Menyampaikan salam pembuka yang
ramah dan menanyakan keadaan kesehatan, keluarga dan keinginannya
§ Menyampaikan tujuan pembelajaran
yang merupakan kompetensi yang harus dikuasai siswa hari ini
§ Menggali pengetahuan awal kemampuan
siswa tentang hadits
|
Teknik
pembagian kelompok
|
3 menit
2 menit
5 menit
|
2.
|
KEGIATAN INTI
|
|
45
menit
|
|
§ Guru memberi contoh cara pengucapan hadits yang benar sesuai makhrajnya
§ Siswa menirukan pelafalan hadits dengan benar
§ Siswa menirukan pengucapan hadits secara bergantian sampai lancar
pengucapannya
§ Siswa mengulang pengucapan hadits secara menyeluruh
§ Secara berkelompok siswa berlatih
mengucapkan dan menghafalkan hadits
§ Menghafalkan hadits dengan benar sesuai makhrajnya
secara individu
|
Buku
paket
Buku
yang relevan
Lafal
hadits tentang kebersihan
Gambar-gambar
lingkungan bersih dan kotor
|
|
3.
|
PENUTUP
|
|
5
menit
|
|
§ Secara klasikal guru mengulang
kembali pelafalan hadits
dengan benar
§ Menyampaikan tugas untuk mengulang
pelafalan dan menghafalkan hadits
|
Instrumen
tugas individu
|
|
F. PENILAIAN
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
§
Menyebutkan arti
perilaku bersih
§
Menyebutkan cara-cara berperilaku bersih di
lingkungannya
§
Menunjukkan keuntungan memiliki perilaku bersih di
lingkungannya
§
Menunjukkan perilaku bersih di lingkungannya
|
Tes lisan
Tes tulis
|
Tes obyektif
|
§ Jelaskan
arti perilaku bersih!
§ Sebutkan
cara-cara berperilaku bersih di lingkungannya
|
Mengetahui,
Kepala Madrasah
................................................
NIP.
|
|
........................
, ............................
Guru bidang
studi Qur’an Hadits
................................................
NIP.
|
No comments:
Post a Comment